More Links

Tugas Pokok dan Fungsi

Permendikbud Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdikbud

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan sekolah menengah atas.

Dalam melaksanakan tugasnya, Direktorat Pembinaan SMA menjalankan fungsi:

  1. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang kurikolum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola sekolah menengah atas;
  2. koordinasi dan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikolum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola sekolah menengah atas;
  3. peningkatan kualitas pendidikan karakter peserta didik sekolah menengah atas;
  4. fasilitasi sarana dan prasarana serta pendanaan sekolah menengah atas;
  5. pemberian pertimbangan izin dan kerja sama penyelenggaraan sekolah menengah atas yang diselenggarakan perwakilan negara asing atau lembaga asing;
  6. fasilitasi pelaksanaan penjaminan mutu sekolah menengah atas;
  7. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kurikolum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola sekolah menengah atas;
  8. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang kurikolum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola sekolah menengah atas;
  9. pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang kurikolum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola sekolah menengah atas; dan
  10. pelaksanaan administrasi Direktorat.

Direktorat Pembinaan SMA terdiri atas :

  1. *Subdirektorat Program dan Evaluasi;
  2. *Subdirektorat Kurikolum;
  3. *Subdirektorat Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
  4. *Subdirektorat Peserta Didik; dan
  5. *Subbagian Tata Usaha;

Subdirektorat Program dan Evaluasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan kebijakan, program, kegiatan, dan anggaran, kerja sama, dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran, serta laporan Direktorat.

Dalam melaksanakan tugas, Subdirektorat Program dan Evaluasi menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang pembinaan sekolah menengah atas;
  2. pengumpolan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi di bidang pembinaan sekolah menengah atas;
  3. penyusunan program, kegiatan, dan anggaran Direktorat;
  4. penyusunan bahan fasilitasi pendanaan sekolah menengah atas;
  5. koordinasi pelaksanaan kerja sama di bidang pembinaan sekolah menengah atas;
  6. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran Direktorat serta fasilitasi pendanaan sekolah menengah atas; dan
  7. penyusunan laporan Direktorat.

Subdirektorat Program dan Evaluasi terdiri atas :

  1. Seksi Program; dan
  2. Seksi Evaluasi.
  1. Seksi Program mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan kebijakan, pengumpolan, pengolahan, penyajian data dan informasi, dan penyusunan program, kegiatan, dan anggaran Direktorat, serta fasilitasi pendanaan sekolah menengah atas.
  2. Seksi Evaluasi mempunyai tugas melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran Direktorat dan pelaksanaan fasilitasi pendanaan sekolah menengah atas, penyusunan bahan koordinasi pelaksanaan kerja sama di bidang pembinaan sekolah menengah atas, dan penyusunan laporan Direktorat.

Subdirektorat Kurikolum mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, di bidang kurikolum sekolah menengah atas.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 415 Permendikbud No. 11 Tahun 2015, Subdirektorat Kurikolum menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikolum sekolah menengah atas;
  2. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pembelajaran dan penilaian pada sekolah menengah atas;
  3. penyusunan bahan fasilitasi pelaksanaan penjaminan mutu di bidang pembelajaran dan penilaian pada sekolah menengah atas;
  4. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pembelajaran dan penilaian pada sekolah menengah atas; dan
  5. pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang pembelajaran dan penilaian pada sekolah menengah atas.

Subdirektorat Kurikolum terdiri atas:

  1. Seksi Pembelajaran; dan
  2. Seksi Penilaian.
  1. Seksi Pembelajaran mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, evaluasi dan laporan di bidang pembelajaran sekolah menengah atas.
  2. Seksi Penilaian mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, evaluasi dan laporan di bidang penilaian sekolah menengah atas.

Subdirektorat Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, pertimbangan pemberian izin penyelenggaraan sekolah menengah atas yang diselenggarakan perwakilan negara asing dan satuan pendidikan kerja sama yang diselenggarakan oleh lembaga asing dengan lembaga pendidikan Indonesia, serta fasilitasi sarana prasarana, tata kelola, dan penjaminan mutu di bidang tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 419 Permendikbud No. 11 Tahun 2015, Subdirektorat Kelembagaan dan Sarana Prasarana menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan di bidang tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas;
  2. penyusunan bahan fasilitasi sarana dan prasarana sekolah menengah atas;
  3. penyusunan bahan pertimbangan pemberian izin penyelenggaraan sekolah menengah atas yang diselenggarakan perwakilan negara asing dan satuan pendidikan kerja sama yang diselenggarakan oleh lembaga asing dengan lembaga pendidikan Indonesia;
  4. penyusunan bahan fasilitasi penjaminan mutu tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas;
  5. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas;
  6. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas; dan
  7. pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang tata kelola dan sarana prasarana sekolah menengah atas.

Subdirektorat Kelembagaan dan Sarana Prasarana terdiri atas:

  1. Seksi Kelembagaan; dan
  2. Seksi Sarana dan Prasarana.
  1. Seksi Kelembagaan mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, pertimbangan pemberian izin penyelenggaraan sekolah menengah atas yang diselenggarakan perwakilan negara asing dan satuan pendidikan kerja sama yang diselenggarakan oleh lembaga asing dengan lembaga pendidikan Indonesia, fasilitasi penjaminan mutu, evaluasi dan laporan di bidang tata kelola sekolah menengah atas.
  2. Seksi Sarana dan Prasarana mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi sarana prasarana dan penjaminan mutu, evaluasi dan laporan di bidang sarana dan prasarana menengah atas.

Subdirektorat Peserta Didik mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi di bidang peserta didik sekolah menengah atas.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 423, Subdirektorat Peserta Didik menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan di bidang peserta didik sekolah menengah atas;
  2. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pembinaan bakat, prestasi, dan peningkatan kualitas kepribadian peserta didik sekolah menengah atas;
  3. penyusunan bahan peningkatan kualitas pendidikan karakter peserta didik sekolah menengah atas;
  4. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pembinaan bakat, prestasi, dan peningkatan kualitas kepribadian peserta didik sekolah menengah atas;
  5. pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang pembinaan bakat, prestasi, dan peningkatan kualitas kepribadian peserta didik sekolah menengah atas.

Subdirektorat Peserta Didik terdiri atas:

  1. Seksi Bakat dan Prestasi; dan
  2. Seksi Kepribadian.
  1. Seksi Bakat dan Prestasi mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, evaluasi dan laporan di bidang bakat dan prestasi peserta didik sekolah menengah atas.
  2. Seksi Kepribadian mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, evaluasi dan laporan di bidang peningkatan kualitas pendidikan karakter dan kepribadian peserta didik sekolah menengah atas.

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, kepegawaian, keuangan, barang milik negara, dan kerumahtanggaan Direktorat.