#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Asesmen Untuk Pendidikan Kita

#

Asesmen Nasional dirancang untuk mendapatkan potret utuh mengenai proses pembelajaran dan hasil belajar di sekolah. Gambaran nyata yang dapat menjadi tolok ukur guna peningkatan kualitas pembelajaran secara nasional.

Semangat “Merdeka Belajar” yang digaungkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terus bergelora. Program yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar pun terus dikembangkan dan diimplementasikan secara bertahap dan terukur. Kebijakan yang dimplementasikan tersebut, antara lain, adalah pelaksanaan kebijakan pemetaan dan evaluasi mutu pendidikan melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar pada tahun 2021.

Perlu kita pahami bersama bahwa AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar menjadi sarana untuk mengukur pendidikan secara nasional. Apalagi secara nasional, pendidikan kita membutuhkan tolok ukur untuk mengetahui capaian-capaian yang sudah kita raih. Tentu saja, untuk mendapat gambaran yang utuh harus jelas apa yang diukur dan siapa yang diukur. Inilah yang menjadi perhatian Mas Menteri yang mengambil kebijakan menerapkan pelaksanaan AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Substansi implementasi kebijakan tersebut adalah untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Selain itu, juga menjadi sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

Peran penting AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan ini tentu harus didukung para pemangku kepentingan, termasuk satuan pendidikan, warga sekolah, dan tentu para orangtua siswa. Terlebih lagi, kebijakan ini juga dirancang untuk menghasilkan gambaran utuh dan lebih komprehensif tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah.

AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar ini memang menjadi hal yang baru bagi kita. Meski demikian, melihat dan memahami substansi dari tujuan implementasinya tentu kita memiliki harapan dan ekspektasi yang sama, bahwa kualitas dan mutu pendidikan pendidikan kita akan terus meningkat

#
13-Jun-2021

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19

#
21-May-2021

Mendikbudristek Luncurkan Program TIK Kita Harus Belajar (KIHAJAR) 2021

#
21-May-2021

Lulus 100%, Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo Kelas XII

#
10-May-2021

Mendikbudristek: Sekolah Wajib Sediakan Opsi Tatap Muka, Orang Tua Berhak Memilih