#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Lembaran Baru Pembenahan Mutu Pendidikan

#

Tuntutan inovasi. Inilah yang belakangan hari ini kita rasakan harus dipenuhi dunia pendidikan. Apalagi di tengah semangat Merdeka Belajar yang diusung Mas Menteri, kita hampir setahun ini dihadapkan pada kondisi yang benar-benar di luar dugaan. Pandemi Covid-19 yang membuat kita semua harus berubah dan melakukan inovasi dalam berbagai hal, tak terkecuali dalam pendidikan.

Tidak ada yang kebetulan tentu saja. Ada tidak ada pandemi, inovasi dan kreativitas dalam mengelola pendidikan di Tanah Air menjadi semangat yang sudah menjadi komitmen bersama dalam payung Merdeka Belajar. Satu per satu program pun diluncurkan Kemendikbud. Yang terkini misalnya kebijakan terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar yang secara resmi diimplementasikan pada tahun depan.

Implementasi AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar ini bukan pengganti UN melainkan sebagai sarana tolok ukur mutu pem - belajaran di satuan pendidikan. Seperti dikemukakan Mendikbud, im - plementasi Asesmen Nasional memiliki substansi penting untuk me - nunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Tak hanya itu, Asesmen Nasional juga berperan sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan nasional.

Bicara mengenai penguatan mutu pendidikan, inovasi yang di - kembangkan Kemdikbud tak hanya implementasi AKM dan Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Strategi yang juga digagas antara lain, pertama, menyesuaikan dan mengutamakan standar nasional pendi - dikan untuk meningkatkan proses pem - belajaran di ruang kelas serta indikator kinerja dan akuntabilitas guru. Kedua, mengembangkan kerangka kerja penja - minan mutu pendidikan dasar dan mene - ngah (internal dan eksternal) yang lebih sederhana, berpusat pada keunggulan sekolah dan menggunakan data akredi - tasi, penjaminan mutu, evaluasi diri guru/ sekolah dan hasil belajar siswa (formative assessment), untuk mengidentifikasi lang - kah-langkah peningkatan mutu pembel - ajaran, berdasarkan praktik-praktik baik global maupun masukan dari masyarakat serta dunia usaha dunia industri.

Keempat, langkah meningkatkan kapa - sitas pendidik dan tenaga kependidikan untuk menyelenggarakan penilaian formatif dan portofolio dalam kelas serta memanfaatkan informasi diagnostik dari program penilaian pendidikan dan hasil belajar siswa seperti AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar

#
13-Jun-2021

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19

#
21-May-2021

Mendikbudristek Luncurkan Program TIK Kita Harus Belajar (KIHAJAR) 2021

#
21-May-2021

Lulus 100%, Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo Kelas XII

#
10-May-2021

Mendikbudristek: Sekolah Wajib Sediakan Opsi Tatap Muka, Orang Tua Berhak Memilih