Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 dapat diunduh Klik Disini

OSPs Sulawesi Selatan : Berharap Wakil Sulawesi didominasi Sulsel

20 April 2018
Dilihat 1934

Kamis (19/04), sebanyak 648 orang siswa SMA mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Provinsi (OSP) Sulawesi Selatan, bertempat di SMA Al-Azhar, Makassar. Mereka merupakan peserta terbaik peringkat 1, 2, dan 3 dalam OSK (Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota) yang berasal dari 24 kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Pangkep, Barru, Sidrap, Bulukumba, Luwu Timur, Bantaeng, Pare-Pare, Kep. Selayar, Wajo, Luwu Utara, Palopo,  Pinrang, Toraja Utara, Bone, Sinjai, Gowa, Tana Toraja, Jeneponto, Sopeng, Enrekang, Takalar, Maros, dan Makassar.

OSP ini menguji 9 (sembilan) bidang mata pelajaran yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi Kebumian, Informatika, dan Astronomi. Tiap kabupaten mengirimkan 3 (tiga) peserta di masing-masing bidangnya.

Penanggungjawab kegiatan OSP Sulsel, Setiawan Aswad selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel mengaku, provinsi Sulsel sangat mendukung kegiatan seleksi ini dan berharap akan ada wakil terbaik dari Sulsel yang lolos mengikuti OSN 2018 di Padang. "Bahkan kalau dapat menembus tingkat nasional hingga internasional sekalipun menjadi harapan besar kita. Semoga ada siswa kita yang bisa mewakili Sulsel di kancah internasional," harap Setiawan.

Kegiatan OSN ini, Lanjut Setiawan merupakan salah satu indikator prestasi siswa di bidang akademik. Bahkan menurut Setiawan tidak sedikit siswa yang menjadikan ajang ini sebagai bekal untuk memuluskan jalan mereka melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas jika mereka bisa lolos sampai ke nasional. Untuk itu, Setiawan bersama segenap elemen pendidikan di daerah, khususnya Sulsel mengajak untuk sama-sama mendukung kegiatan ini.

Terkait ajang OSN ini, sejumlah siswa peserta mengaku merasa tertantang untuk bisa menjadi duta terbaik dari sekolah mereka.
Seperti dikatakan Rahmadien Fibrian, salah satu peserta asal SMAN 3 Palopo yang mengikuti lomba bidang fisika ini mengatakan, segala persiapan dalam rangka mengikuti OSP ini telah dipersiapkannya. Dukungan moril dari para guru dan kepsek pun sangat membantunya untuk bisa lolos sampai ke nasional.
“Semoga dalam OSN ini saya bisa berprestasi bersama teman-teman saya yang lainnya," harap Fibrian.

Yohanas Handa, guru pembina OSN dari Kabupaten Tana Toraja, yang ikut mengantarkan  siswanya mengikuti OSP ini berharap sama dengan diinginkan siswanya agar ada perwakilan dari Tanah Toraja yang bisa lolos sama ke tingkat nasional, "itu saja sudah sangat membanggakan bagi saya yang sudah membimbing dan melakukan pembinaan khusus pada mereka. Meski di sekolah kami di daerah masih sangat minim sarana penunjang untuk belajar dibandingkan dengan sekolah-sekolah di kota, terutama fasilitas internet, tapi kami terus berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil yang memuaskan," terang Bu Yo, panggilan akrab siswanya.

Teks : Rinda
Foto : Panji