Bahan materi Webminar Episode 5 - PHBS dan Episode 6 - PLS dapat diunduh di menu Dokumentasi/Arsip --> Bahan Materi

SMAN 3 Yogyakarta : Absen Melalui Scan Wajah

18 Agustus 2015
Dilihat 333

Yogyakarta adalah kota pelajar. Sekolah-sekolah pendidikan menengah atas yang ada di Yogyakarta selalu meraih prestasi di bidang akademik. Selain terkenal dengan kecedarsan anak-anak didiknya, di salah satu sekolah Yogyakarta menyimpan keunikan tersendiri yakni ada di SMAN 3 Yogyakarta. Yaitu absen canggih untuk para siswa-siswinya.

Di sekolah yang menempati bangunan dengan luas 3.600 m2 di atas lahan seluas 21.640 m2 ini menggunakan dua kali untuk mengabsen siswa-siswinya. Selain yang biasa sewaktu absen dipanggil oleh guru satu persatu juga menggunakan absen dengan teknologi canggih.

Di sekolah ini absen siswa dilakukan dengan scan wajah. Para siswa sekolah dengan sebutan Padmanaba ini, harus berdiri menghadap alat scan saja, terus wajah mereka akan secara otomatis ter-scan. Dan saat di kelas guru tetap mengabsen mereka satu per satu, gunanya untuk mengetahui si siswa sudah benar-benar di kelas atau malah kekantin disaat jam pelajaran.

Alat tersebut, akan memberikan hasil rekapan secara online. Siapa saja siswa yang tidak masuk atau datang terlambat akan tercatat. Keterlambatan, akan tecatat secara detail dari menit sampai detiknya akan ketahuan. Dan juga alat ini secara otomatis akan mengirimkan SMS ( Short Message Service) ke orangtua siswa yang tidak masuk sekolah. Jadi, untuk yang membolos akan ketahuan secara otomatis.

Itulah salah satu keunikan dari sekolah yang terletak di Jl. Laksda Laut Yos Sudarso 7 Yogyakarta. Sekolah yang mempunyai ide cemerlang dan sekarang ide tersebut sudah mulai dicontoh, diterapkan oleh sekolah-sekolah lainnya yang ada di Yogyakarta.