Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 dapat diunduh Klik Disini

SMAN 2 RANTEPAO, SEKOLAH DENGAN VISI MENJADI YANG TERDEPAN DALAM PRESTASI, BERIMAN DAN BERBUDAYA

15 Februari 2016
Dilihat 412

Mungkin banyak orang yang belum mengenal kota Rantepao yang terletak di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kota kecil ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki wilayah Toraja yang banyak menyimpan keindahan dan keunikan. Lokasi kota ini dekat dengan tujuan wisata terkenal di Toraja, yaitu Londa, pemakaman di dalam gua.

Salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menjadi sekolah favorit di kota Rantepao ini adalah SMAN 2 Rantepao, yang berlokasi di Jl. Lapangan Gembira.  Mengapa sekolah ini bisa dibilang sebagai SMA favorit? Lihat saja prosentase penerimaan siswa baru di sekolah ini. Dari 1268 siswa yang mendaftar untuk tahun ajaran 2015/2016, hanya 547 siswa yang diterima, atau 38,81% dari jumlah total pendaftar.

Sekolah yang menempati area seluas 18.080 m2 ini memiliki 39 kelas untuk menampung 1472 siswa, dengan didukung oleh 53 tenaga pengajar tetap. Untuk mendukung proses belajar mengajar, sekolah dilengkapi dengan lab Biologi, Fisika dan Kimia. Tidak hanya menonjol di bidang akademik, sekolah ini juga memiliki banyak prestasi di bidang non-akademik. Banyak lomba yang telah dimenangi siswa-siswi SMAN 2 Rantepao ini, salah satunya adalah juara nasional lomba FL2SN Kriya Putra tahun 2015. Sekolah ini juga selalu menjadi juara umum tingkat kabupaten pada setiap lomba OSN dan juara satu tingkat provinsi untuk bidang seni dan griya. 

Lalu apa yang menyebabkan prestasi sekolah ini menonjol? Kepala Sekolah Pither Salempang mengungkapkan hal-hal yang dilakukannya untuk terus mendorong prestasi sekolah, yaitu manajemen di sekolah dimantapkan, motivasi dikuatkan pemberdayaan dan kerjasama juga ditingkatkan. Selain itu, diungkapkan juga bahwa perlu diberikan reward atau penghargaan bagi siswa, guru dan pegawai yang menunjukkan prestasinya. Keterlibatan komite dan orangtua pada setiap kegiatan, terutama saat ada lomba, juga merupakan hal yang penting karena dapat memberikan dukungan dana dan motivasi. 

Satu hal lagi yang patut dibanggakan dari SMAN 2 Rantepao adalah label sebagai sekolah dengan kedisiplinan tinggi. Pada tanggal 9 Nopember 2015 Kapolda Sulselbar hadir sebagai pembina upacara dan kedisiplinan sekolah ini menjadi trending topic di antara seluruh Kapolres di seluruh Sulselbar.