Bahan materi Webminar Episode 5 - PHBS dan Episode 6 - PLS dapat diunduh di menu Dokumentasi/Arsip --> Bahan Materi

SMA NEGERI 5, SEKOLAH FAVORIT KOTA MATARAM

14 Juli 2016
Dilihat 631

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Mataram terletak di pusat kota, tepatnya berada di Jl. Udayana. Sekolah ini  merupakan salah satu sekolah favorit di Mataram dan merupakan salah satu sekolah percontohan pelaksanaan belajar mengajar dengan sistem kredit semester (SKS). Program studi yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Mataram meliputi program peminatan Bahasa, IPA, dan IPS, yang penyelenggaraannya didukung oleh 59 tenaga pendidik serta 26 tenaga tata usaha.

Sekolah yang menempati area seluas 770 meter persegi ini berdiri pada tahun 1991. Sekolah ini merupakan pelaksana SBI dan pada tahun 2013 menjadi koordinator klaster untuk kurikulum 2013. Hingga saat ini SMAN 5 Mataram masih melanjutkan Kurikulum 2013 dan tetap menggunakan sistem kredit semester. Menurut kepala sekolah,  "Sejauh ini pihak sekolah tidak mengalami kendala dari segi konsep dan action karena daya adaptasi guru-guru tinggi."

Sekolah yang pada tahun pelajaran 2014/2015 mencapai angka kelulusan 100% ini memiliki jumlah siswa per rombel yang cukup ideal, yaitu 32 – 40, dengan total terdapat 31 rombel.  Sekolah juga menerapkan sistem moving class serta dilengkapi dengan laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa dan Komputer.  Ada banyak kegiatan non-akademik yang tersedia, termasuk basket, futsal, perkusi – yang sering tampil pada acara-acara tingkat provinsi) -  dan dance (moderen dan tradisional).

Dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan, SMAN 5 mengembangkan nilai-nilai dan norma-norma Adaptif (peka terhadap IPTEK dan berusaha mengimbangi perubahan IPTEK), Kebersamaan dan keteladanan (memupuk kerja sama yang baik dalam mencapai tujuan dan memberi keteladanan dalam menjalankan misi pendidikan), Inovatif dan Kreatif (terbuka terhadap inovasi baru dan bertindak kreatif terhadap ide-ide baru), Religius (menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan), Sapa, Sopan, Santun, Salam dan Senyum (5S) yaitu bersikap ramah, sopan dan santun terhadap orang lain dengan menyapa dan menyampaikan salam sambil tersenyum, Pelayanan Prima (mengutamakan pelayanan berkualitas dan profesional).

Setiap hari, siswa-siswi masuk lebih awal untuk kegiatan penanaman karakter. Pukul 7.15 para siswa sudah berada di dalam kelas untuk  melakukan tadarus selama 15 menit. Untuk menjaga agar kualitas belajar tidak terganggu, sekolah berencana untuk menjalin kerja sama dengan orangtua untuk bersama-sama mengontrol penggunaan ponsel pintar, sebab arus informasi dari luar, seperti konten-konten tidak pantas, bisa membahayakan bagi para siswa.

Sekolah yang memiliki banyak prestasi ini juga mempunyai sister school di Australia sehingga terjadi pertukaran pelajar di antara kedua sekolah sebagai upaya untuk saling belajar mengenai budaya masing-masing.