Bahan materi Webminar Episode 5 - PHBS dan Episode 6 - PLS dapat diunduh di menu Dokumentasi/Arsip --> Bahan Materi

TIMOTHY JACOB WAHYUDI "Kuncinya Belajar dan Fokus"

24 Maret 2017
Dilihat 485

Kegigihan belajar mengantarkan Timothy Jacob Wahyudi, siswa SMAS Santa Laurensia meraih peringkat pertama hasil ujian komprehensif dalam Pembinaan Tahap II Olimpiade Matematika Internasional yang ditutup, Rabu (22/3). Ia berhasil lolos masuk tahap III bersama 10 teman lainnya.

"Kuncinya belajar maksimal dan fokus. Saya juga harus pintar atur waktu karena juga harus mempersiapkan untuk ujian nasional yang akan diselenggarakan beberapa bulan ke depan," kata Timothy ditemui di University Hotel, Yogya. 

Timothy adalah siswa yang berpengalaman. Pada 2016 lalu dia menyabet medali perak di ajang Olimpiade Matematika Internasional di Hongkong. Kini ia memiliki kesempatan untuk meraih medali emas pada ajang di Prancis. 

"Saya memang sudah sejak SD ikut lomba matematika. Orangtua sangat mendukung dengan mendatangkan guru privat ke rumah," ujar Timothy.

Disinggung soal masih banyak siswa di Indonesia yang kesulitan belajar matematika, Timothy berujar bahwa pembelajaran harus dikemas menarik. Jika hanya menghapalkan rumus, menjadi bosan. 

"Kalau saya mencoba memahami dulu maksud dari materi itu, jangan langsung menghapal. Ketika paham maksudnya baru bisa memahami lebih mendalam," ujar Timothy.  Ia mengaku akan total dalam pembinaan tahap III yang akan diselenggarakan di Bandung. Meski harus jauh dari orangtua, tapi tidak jadi soal. Sebab, ia sering telpon dengan orangtuanya.

 "Dukungan moral dari orangtua berperan penting dalam kesuksesan saya," pungkas siswa berkacamata ini.