Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 dapat diunduh Klik Disini

Targetkan Emas di International Geography Olympiade ke-14 di Beograd

10 Juli 2017
Dilihat 348

Cuaca mendung di pinggiran sungai Siak, Pekanbaru, Riau menemani para peserta Olimpiade Sains Naisonal (OSN) tingkat SMA bidang Geografi. Dari deretan panitia dan dewan juri terlihat seorang yang masih belia tampak memperhatikan peserta-peserta yang ada, setelah ditelusuri ternyata ia adalah anggota tim geografi yang akan berangkat mewakili Indonesia ke International Geography Olimpiad (iGeo) ke-14 di Beograd, Serbia. Siswi yang tampak percaya diri ini bernama Kathy Salsabila, murid kelas 12, SMAN 2 Tangerang, Banten.

iGeo ke-14 ini akan berlangsung pada 2 sampai dengan 8 Agustus 2017. Pada kesempatan itu, Kathy bercerita mengenai keterlibatannya. “Tim kami terdiri dari 4 orang yang diambil dari 30 peraih medali pemenang OSN 2016, dilaksanakan 4 tahap seleksi, tahap 1 dari 30 kandidat menjadi 15, tahap 2 dari 15 menjadi 8 kandidat, tahap 3 dari 8 menjadi 4 tim inti, kemudian tahap 4, keempat siswa-siswi ini mendapatkan pelatihan nasional,” ujar Kathy di Pinggiran Sungai Siak, Pekanbaru, Rabu 5 Juli 2017.

Selain Kathy, ke-3 personil lainnya adalah Iqbal Hakim Adriansyah siswa SMA Lab. School Jakarta, F. Ramadhan Sahid siswa SMA 8 Jakarta, dan Aji Wijaya Abadi siswa SMA 3 Semarang, Jawa Tengah. Menuju iGeo ke-14, Kathy mengaku mendapatkan pelatnas yang cukup intensif. “Dari jam 8 pagi hingga 5 sore kami mendapatkan kuliah dari dosen pembimbing, pada malam harinya dilakukan ujian mengenai bahan yang telah diajarkan, sementara pada Hari Sabtu berlangsung psychotest dan pelatihan bahasa Inggris,” jelasnya.

Target maksimal Tim Indonesia pada iGeo ke-14 di Beograd yang diikuti 49 negara kali ini adalah meraih 4 medali emas, mengingat pada 2016 Indonesia meraih 3 medali perunggu, sementara pada 2015 memiliki prestasi yang lebih baik yaitu mendapatkan 1 emas dan 2 perunggu. Semoga target tersebut dapat tercapai.