Bahan materi Webminar Episode 5 - PHBS dan Episode 6 - PLS dapat diunduh di menu Dokumentasi/Arsip --> Bahan Materi

Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy: Karakter Bangsa, Empati, dan Humanis

29 September 2017
Dilihat 187

Lewat kegiatan-kegiatan seni budaya seperti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ini para siswa menjadi  bagian dari 45 juta remaja Indonesia yang  berperan aktif dalam pengembangan kebudayaan dan kesenian nasional. Selain itu, kegiatan FLS2N  juga menjadi bagian dari pengembangan dan penguatan karakter siswa, sehingga perlu dikembangkan secara sistematis dan menyeluruh dalam rangka perwujudan Nawacita ke-8 yaitu melakukan revolusi karakter bangsa dan ke-9 ; memperteguh kebhinekaan  dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Kebudayaan tak sekadar bicara tentang tari dan seni suara saja tetapi juga peradaban dan identitas suatu bangsa. Itu sebabnya, untuk menjadikan kesenian sebagai arus utama pendidikan memang tidak mudah. Pemerintah harus mengubah pola pikir sekolah dan tenaga pendidik untuk tidak hanya fokus mendidik siswa untuk pandai baca, tulis, dan hitung. Sekolah juga tidak boleh melupakan sisi lain, yaitu etika, estetik dan kinestetik. Keenam elemen ini harus seimbang. 

Itu sebabnya, kegiatan berkesenian dalam dunia pendidikan harus terus dilaksanakan, karena dengan berkesenian siswa mampu mengasah kepekaan hati yang dapat memperhalus budi pekerti dan tingkah laku, serta rasa empati. 

“Manfaatkan juga  kegiatan ini untuk membangun persaudaraan antarsiswa,” kata Muhadjir saat membuka kegiatan FLS2N 2016 di Manado, tahun lalu.

FLS2N tahun 2017 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, ini masih tetap mendengungkan pola yang sama, yaitu pendidikan karakter. Diharapkan kelak, jika para siswa telah terjun di masyarakat, mereka akan menjadi pribadi yang penuh empati dan humanis. 

 

Teks : Rin

Foto : Bernawan