#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
#

Uraian Lambang

- Logo mengusung sinergitas Tri Pusat Pendidikan yaitu sekolah, masyarakat, dan keluarga dalam menciptakan generasi maju dan unggul dengan berlandaskan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yakni nasionalisme, kemandirian, religius, integritas, dan gotong royong.
- Warna abu-abu terinspirasi dari ciri khas seragam SMA di Indonesia, namun juga mengartikan komunikatif dan Informatif untuk mencapai prestasi.
- Warna putih mengartikan pelajar yang berkarakter dilandasi dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia diantaranya nasionalisme,kemandirian, religius,integritas,gotong royong.
- Warna Merah mengartikan kompetensi dan karakter yang kuat yang berdasarkan penguatan literasi pada siswa SMA.
- Warna Kuning mengartikan semangat pelajar dalam menggapai cita-cita.
- Warna Jingga mengartikan persaudaraan dan semangat persatuan.
- Gambar segitiga dasar melambangkan 3 (tiga) jurusan pada SMA, yaitu sains, sosial, dan Bahasa, serta melambangkan keselarasan antara tubuh, jiwa dan pikiran. Arah kurva segitiga menuju ke kanan atas melambangkan menuju puncak kesuksesan dan juga melambangkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Gambar pola riak air menggambarkan sifat adaptif pada pola pendidikan di Sekolah Menengah Atas sesuai perkembangan zaman.
- Logo dimaksudkan untuk keperluan dalam penambahan aksen-aksen kegiatan Direktorat Sekolah Menengah Atas, seperti Media Publikasi dan Informasi, Presentasi, Banner kegiatan, dan lainnya.


Sumber

- KEPUTUSAN DIREKTUR SEKOLAH MENENGAH ATAS DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR : 0888/C5/TI/2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN DIREKTUR DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH ATAS NOMOR :18/D4/TI/2019 TENTANG LOGO DAN MOTO DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN